Radio Mustika Online (RMO)

Berjalannya era-globalisasi yang terjadi pada zaman sekarang ini, telah membawa banyak sekali pengembangan-€œpengembangan akan kemajuan dunia modern. Salah satu produk era-modern yang berkembang saat ini adalah radio streaming. Radio streaming telah meluaskan sayap kemajuannya di seluruh penjuru dunia. Namun, bagaimana keberadaan radio streaming Indonesia? Mari kita tilik secara dalam mulai dari sejarah keberadaan radio streaming hingga perkembangan-€œperkembangannya dari masa ke masa.

Sejarah Yang Mengawali Radio Streaming di Indonesia
Diawali dengan peresmian Radio Republik Indonesia pada masa reformasi, yang bertepatan pada tanggal 11 September 1994. Setelah peresmian tersebut, mulailah para mahasiswa membuat radio-radio amatir. Namun, tidak lama kemudian pemerintah melakukan pelarangan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut, dengan membuatkan sebuah undang-undang pelarangan kemunculan radio amatir yang tidak memilki izin publikasi. Namun, berkat perjuangan keras mahasiswa pelaku pembuatan radio amatir, akhirnya pada tahun 1967 pemerintah memberikan izin penyiaran radio amatir, dengan syarat pengadaan organisasi khusus yang mengelola kegiatan tersebut.

Mulai dari situlah, perkembangan radio swasta maupun amatir mulai merangkak maju dan berkembang dengan pesat di Indonesia. Beriringan dengan perkembangan teknologi informasi yang terus maju, kegiatan penyiaran pun ikut terbawa oleh perkembangan teknologi informasi. Internet, merupakan sebuah teknologi informasi raksasa yang betul-€œbetul membuat segalanya mulai berubah pada masa itu. Demi pemanfaatan fasilitas internet yang dari tahun ke tahun terus meraksasa, tepatnya pada tahun 1993, sebuah perusahaan informasi swasta yang dipimpin oleh Carl Malamud meluncurkan Internet Talk Radio, sebagai radio streaming Indonesia yang pertama kali sekaligus satu - satunya pada saat itu. Setelah berkembangnya Internet Talk Radio milik Carl Malamud tersebut, maka pada tahun 1994, datanglah Internet Service Multitasking yang memulai RTFM, dimana ia berperan sebagai Internet News Station.

Perkembangan Radio Streaming Indonesia Masa Kini
Radio streaming di Indonesia pada masa sekarang bisa dibilang telah mencapai pada kondisi kemajuan yang cukup pesat. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya penyedia layanan radio streaming yang beroperasi di berbagai wilayah Indonesia. Mereka para pemilik layanan menawarkan bermacam fitur radio streaming, dimana memungkinkan para penggunanya untuk menikmati siaran radio dari berbagai wilayah. Tidak hanya dapat menjangkau siaran radio diwilayah satu kota saja, pengguna memiliki ruang akses yang luas untuk menjangkau siaran radio streaming Indonesia dari luar kota, pulau, bahkan benua sekalipun. Sangat luar biasa sekali, bukan. Untuk dapat menikmati radio streaming dari para penyedia layanan, anda bisa menggunakan fasilitas–fasilitas playing yang disediakan penyedia layanan pada official web mereka. Selain itu, anda juga bisa menggunakan webcast, seperti winamp, windows media player, i-tunes, dan sebagainya untuk mengakses radio streaming.

Yang cukup menarik dengan keberadaan radio streaming di Indonesia, banyak mahasiswa - mahasiswa yang sedang menjalani study di luar negeri dan bersama-€œsama membangun radio streaming berbahasa Indonesia. Hal itu mereka lakukan atas wujud kerinduan terhadap tanah air Indonesia. Radio streaming tersebut bernamakan Radio Persatuan Pelajar Indonesia (PPI). Dapat kita lihat bahwa keberadaan radio streaming Indonesia sangatlah membantu masyarakat modern yang ikut ambil bagian didalam dunia broadcasting.

Untuk mengakses radio streaming, anda memerlukan fasilitas internet sebagai media transfer data ke stasiun radio. Untuk perangkat akses radio, anda dapat menggunakan komputer PC atau laptop anda yang terhubung ke internet. Namun, pada saat ini anda juga bisa mengaksesnya melalui platform smartphone atau pun ponsel biasa yang memiliki fitur internet. Apabila anda ingin mengakses radio streaming melalui perangkat PC atau laptop, anda perlu memiliki software webcast pada PC atau laptop yang anda gunakan. Beberapa software yang bisa anda gunakan antara lain windows media player, winamp, dan iTunes. Apabila anda belum memilikinya, silahkan anda download di official web mereka masing-€œmasing secara gratis.

Namun, jika anda lebih senang mendengarkan radio streaming Indonesia melalui perangkat handphone, anda perlu memasang aplikasi virtual radio pada handphone yang anda gunakan. Sebagai tambahan, apabila anda menggunakan platform BlackBerry, maka radio sync application yang dapat anda gunakan yaitu aplikasi Tune In yang bisa anda unduh di situs Blackberry Application. Dengan memiliki software atau aplikasi yang melakukan radio station sync, maka perangkat komputer atau platform handphone dapat dengan mudah mengakses radio streaming. Sebagai catatan, kemampuan konektifitas internet sangat berperan penting disini. Untuk itu, gunakanlah penyedia layanan internet berkecapatan tinggi.

Sumber: http://portal.paseban.com/news/14081/radio-streaming-indonesia
Judul: Radio Mustika Online (RMO)
Deskripsi: Berjalannya era-globalisasi yang terjadi pada zaman sekarang ini, telah membawa banyak sekali pengembangan-€œpengembangan akan kemajuan dun...